Bahaya Formalin Bagi Kesehatan Jika di Konsumsi Dalam Jangka Panjang

     1.)   Pengertian formalin

       Formalin adalah sejenis larutan yang tidak berwarna dengan bau yang sangat menusuk yang di di dalamnya mengandung 37 % formaldehid dan methanol 15 % yang di larutaka di dalam air .

       Formalin juga memiliki beberapa nama kimia antara lain :formol, methylene aldehyde, paraforin, morbicid, oxomethane, polyoxymethylene glycols, methanol, formoform, superlysoform, formic aldehyde, formalith, tetraoxymethylene, methyl oxide, karsan, trioxane, oxymethylene dan methylene glycol

formalin yang di taruh ke dalam makanan berupa larutan 30- 50% gas formaldehid, untuk stabilitas dalam larutan formalin biasa nya mengandung methanol 10-15%. Formalin mempunyai bau menyengat dan dapat menimbulkan pedih pada mata

2.) Bahaya formalin bila di konsumsi manusia

Formalin tidak berwarna, mempunyai bau yang keras dan mempunyai berat jenis 1,09 kg/L dalam suhu 20 derajat Celsius. Penelitian Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menunjukkan bahwa formalin terdapat pada makanan yang sehari-hari kita konsumsi, misalnya mi basah, ikan asin, bakso dan tahu. Bahkan terakhir formalin ditemukan pada kikil, makanan favorit sebagian masyarakat Indonesia.

“Formalin bagi tubuh manusia diketahui sebagai zat beracun, karsinogen (menyebabkan kanker), mutagen (menyebabkan perubahan sel, jaringan tubuh), korosif dan iritatif . Uap dari formalin sendiri sangat berbahaya jika terhirup oleh pernapasan dan juga sangat berbahaya dan iritatif jika tertelan oleh manusia.”

Untuk mata, seberapa encer pun formalin tetap bersifat iritatif. Jika sampai tertelan, maka orang tersebut harus segera diminumkan air putih sebanyak mungkin dan segera diminta untuk memuntahkan isi lambungnya.

Bahaya formalin bagi kesehatan jika di konsumsi bagi kesehatan jika terpapar formalin secara kronik dan berulang-ulang antara lain sakit kepala, radang hidung kronis (rhinitis), mual-mual, gangguan pernapasan, baik berupa batuk kronis atau sesak napas kronis. Gangguan pada persarafan berupa susah tidur, sensitif, mudah lupa, dan sulit berkonsentrasi. Pada perempuan akan menyebabkan gangguan menstruasi dan infertilitas.

Pada manusia penggunaan formalin jangka panjang dapat menyebabkan kanker mulut dan tenggorokan. Pada penelitian binatang, ternyata formalin menyebabkan kanker kulit dan kanker paru

Sekali lagi, jelas bahwa formalin sangat berbahaya jika terpapar pada tubuh manusia baik kontak langsung, terhirup ataupun tertelan

3.) Ciri ciri ayam yang mengandung formalin

Daging ayam berformalin adalah daging ayam yang ditambahkan dengan bahan kimia yaitu formaldehyde. Formalin ini diberikan pada daging ayam dengan cara disuntikkan atau dengan mencelupkan ayam pada larutan formalin.

Berikut ini adalah ciri daging ayam yang mengandung formalin. Simak penjelasannya di bawah ini.

  • Warna kulit ayam lebih putih dari biasanya
  • Jika diraba kulit terasa lebih kesat
  • Saat kulitnya dicubit maka kulit ayam tidak kembali kepada posisi semula
  • Saat dicium, terasa bau kimianya
  • Jika biasanya daging akan dihinggapi lalat, daging ayam berformalin tidak dihinggapi lalat